Selasa, 17 September 2019

Tugas Perkembangan


Hubungan antara Tugas Perkembangan dengan Aspek Perkembangan dalam
Standar Kompetensi  Kemandirian Peserta Didik (SKKPD)

No
Tugas Perkembangan
Aspek Perkembangan dalam SKKPD
1
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Landasan Hidup Religius
2
Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan minat manusia
Landasan Perilaku Etis
3
Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi
Kematangan Emosi
4
Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat
Kematangan Intelektual
5
Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas
Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
6
Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria atau wanita
Kesadaran Gender
7
Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
Pengembangan Pribadi
8
Memiliki kemandirian perilaku ekonomis
Perilaku Kewirausahaan/Kemandirian Perilaku Ekonomis
9
Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
Wawasan dan Persiapan Karir
10
Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya
Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya

Aspek Perkembangan, Tahap Internalisasi dan Rincian Tugas Perkembangan

Aspek Perkembangan
Rincian Tugas Perkembangan
Tahap Pengenalan
Tahap Akomodasi
Tahap Tindakan
Landasan Hidup Religius
Mengenal arti dan tujuan ibadah.
Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah.
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
Landasan Perilaku Etis
Mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berperilaku.
Memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku alam konteks budaya.
Bertindak atas
pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku.
Kematangan Emosi
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar.
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain.
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual.
Kematangan Intelektual
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah.
Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi.
Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
Kesadaran Gender
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan.
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan seharihari.
Berinterkasi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis.
Pengembangan Pribadi
Mengenal kemampuan dan keinginan diri.
Menerima keadaan diri secara positif
Menampilkan perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya.
Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian Perilaku Ekonomis)
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet , sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Mebiasakan diri hidup hemat, ulet , sungguhsungguh, dan kompetitif dalam kehidupan seharihari.
Wawasan dan Kesiapan Karir
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri.
Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
Mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diri
Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya
Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
Bekerjasama dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.


Sumber : 

Dirjen GTK Kemendikbud. (2016). Panduan Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta. 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penguatan Integrasi Pendidikan

PENGUATAN INTEGRASI PENDIDIKAN DALAM ERA DISUPSI Oleh :  Asep Rohiman Lesmana, M.Pd. Pendidikan merupakan suatu entitas yang s...