Hubungan
antara Tugas Perkembangan dengan Aspek Perkembangan dalam
Standar
Kompetensi Kemandirian Peserta Didik
(SKKPD)
No
|
Tugas
Perkembangan
|
Aspek
Perkembangan dalam SKKPD
|
1
|
Mencapai
perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa
|
Landasan Hidup Religius
|
2
|
Mengenal
sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota
masyarakat, dan minat manusia
|
Landasan Perilaku Etis
|
3
|
Mengenal
gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional,
sosial, dan ekonomi
|
Kematangan Emosi
|
4
|
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan
melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karier serta berperan dalam
kehidupan masyarakat
|
Kematangan Intelektual
|
5
|
Memantapkan
nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial
yang lebih luas
|
Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
|
6
|
Mencapai
pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria
atau wanita
|
Kesadaran Gender
|
7
|
Mempersiapkan
diri, menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap perubahan fisik
dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat
|
Pengembangan Pribadi
|
8
|
Memiliki
kemandirian perilaku ekonomis
|
Perilaku Kewirausahaan/Kemandirian
Perilaku Ekonomis
|
9
|
Mengenal
kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karier dan apresiasi seni
|
Wawasan dan Persiapan Karir
|
10
|
Mencapai
kematangan hubungan dengan teman sebaya
|
Kematangan Hubungan dengan Teman
Sebaya
|
Aspek
Perkembangan, Tahap Internalisasi dan Rincian Tugas Perkembangan
Aspek
Perkembangan
|
Rincian Tugas
Perkembangan
|
||
Tahap
Pengenalan
|
Tahap
Akomodasi
|
Tahap Tindakan
|
|
Landasan Hidup Religius
|
Mengenal arti dan tujuan ibadah.
|
Berminat mempelajari arti dan tujuan
setiap bentuk ibadah.
|
Melakukan berbagai kegiatan ibadah
dengan kemauan sendiri
|
Landasan Perilaku Etis
|
Mengenal alasan perlunya mentaati
aturan/norma berperilaku.
|
Memahami keragaman aturan/patokan
dalam berperilaku alam konteks budaya.
|
Bertindak atas
pertimbangan diri terhadap norma yang
berlaku.
|
Kematangan Emosi
|
Mengenal cara-cara mengekspresikan
perasaan secara wajar.
|
Memahami keragaman ekspresi perasaan
diri dan orang lain.
|
Mengekspresikan perasaan atas dasar
pertimbangan kontekstual.
|
Kematangan Intelektual
|
Mempelajari cara-cara pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah.
|
Menyadari adanya resiko dari
pengambilan keputusan
|
Mengambil keputusan berdasarkan
pertimbangan resiko yang mungkin terjadi.
|
Kesadaran Tanggung Jawab Sosial
|
Mempelajari cara-cara memperoleh hak
dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari.
|
Menghargai nilai-nilai persahabatan
dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
|
Berinteraksi dengan orang lain atas
dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup.
|
Kesadaran Gender
|
Mengenal peran-peran sosial sebagai
laki-laki atau perempuan.
|
Menghargai peranan diri dan orang lain
sebagai laki-laki atau perempuan dalam kehidupan seharihari.
|
Berinterkasi dengan lain jenis secara
kolaboratif dalam memerankan peran jenis.
|
Pengembangan Pribadi
|
Mengenal kemampuan dan keinginan diri.
|
Menerima keadaan diri secara positif
|
Menampilkan perilaku yang
merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya.
|
Perilaku Kewirausahaan (Kemandirian
Perilaku Ekonomis)
|
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat,
ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet
, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mebiasakan diri hidup hemat, ulet ,
sungguhsungguh, dan kompetitif dalam kehidupan seharihari.
|
Wawasan dan Kesiapan Karir
|
Mengekspresikan ragam pekerjaan,
pendidikan dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri.
|
Menyadari keragaman nilai dan
persyaratan dan aktivitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
|
Mengidentifikasi ragam alternatif
pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang mengandung relevansi dengan
kemampuan diri
|
Kematangan Hubungan dengan Teman
Sebaya
|
Mempelajari norma-norma pergaulan
dengan teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
|
Menyadari keragaman latar belakang
teman sebaya yang mendasari pergaulan
|
Bekerjasama dengan teman sebaya yang
beragam latar belakangnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar