RUMUS BELAJAR
"SOAR"
Oleh :
Asep Rohiman Lesmana
Belajar merupakan proses yang ditempuh
untuk memutuskan bahan informasi apa yang hendak
dikupas, diingat dan diulang agar pertanyaan yang diajukan saat tes dapat
dijawab dengan tepat. Prosedur untuk mempelajari informasi dari buku
teks dirangkum dalam empat langkah belajar yang dirumuskan sebagai SOAR.
I.
Survey sebelum membaca
A.
Survey buku
B.
Survey bab
II.
Organisasikan
bahan yang dibaca
A.
Menggarisbawahi tulisan di buku
B.
Membuat catatan tentang isi buku
III. Antisipasi pertanyaan-pertanyaan dalam tes
IV. Resitasi dan review
Huruf pertama dari empat
langkah-langkah utama di atas disingkat membentuk singkatan SOAR. S untuk
Survey, O untuk Organisasikan, A untuk Antisipasi, dan R untuk Resitasi serta review.
Survey Sebelum Membaca
Proses perkuliahan pada umumnya menuntut Anda untuk
mempelajari informasi dari buku-buku teks. Buku teks adalah buku-buku
yang berisi rangkuman-rangkuman dari informasi yang diberikan dalam perkuliahan. Ada buku teks yang berisi
pengajaran dan tugas untuk setiap mata kuliah, misalnya psikologi, bisnis, dan
kimia. Lakukanlah survey terhadap buku teks Anda ketika Anda membelinya
pada setiap permulaan semester, juga terhadap bab-bab di dalamnya sebelum Anda
membacanya.
Kegiatan survey buku meliputi
membaca bagian pengantar, pendahuluan dan daftar isi untuk mengetahui pola penyusunan
buku dan fitur-fitur utama yang dimilikinya. Metode survey buku dijelaskan pada bab 12.
Survey bab terdiri dari
membaca pendahuluan, bagian heading
(kepala) bab dan simpulan
penutup. Hanya diperlukan beberapa menit saja untuk melakukan survey bab, tetapi waktu tersebut tidak sia-sia karena
dihabiskan untuk hal yang sangat bermanfaat. Kegiatan survey buku menghasilkan informasi yang
melatarbelakangi peningkatan pemahaman bacaan lebih lanjut, Metode untuk melakukan survey bab
dijelaskan pada bab 13.
Organisasikan Bahan
Bacaan
Salah satu fakta terbaik tentang
pembelajaran manusia adalah bahwa informasi dapat lebih mudah dipelajari apabila
terorganisir dalam kemasan yang bermakna. Itulah alasannya mengapa
begitu banyak bab dalam Terampil Berkuliah ditujukan untuk membantu Anda dalam mengembangkan
keterampilan berorganisasi yang handal. Bab 8 dan 9 mengajarkan cara-cara
membuat simpulan dari bahan materi tertulis melalui pembuatan kerangka tulisan
yang terorganisasi dengan rapi dan bab 10
memaparkan bagaimana cara membuat catatan kuliah yang tertata dengan baik. Di samping itu terdapat juga
bab 14 dan 15 yang menjelaskan bagaimana menata informasi dalam buku
dengan cara menggaris bawahi dan menambahkan catatan yang terkait dengan
informasi yang ingin Anda pelajari dari buku tersebut.
Antisipasi
Pertanyaan-pertanyaan yang Muncul dalam Tes
Pada kenyataannya, memang tidak mungkin mencerna semua
informasi dari sebuah buku teks hanya dalam
beberapa pekan dalam periode satu semester perkuliahan; Anda harus membuat
putusan tentang bagian yang hendak dikaji dengan bagian yang tidak. Di samping
itu, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam tes cenderung diambil dari
bagian informasi yang penting untuk diketahui oleh mahasiswa. Jika Anda
dapat mengambil langkah antisipasi dalam
menghadapi pertanyaan-pertanyaan tes, maka Anda akan dapat mempelajari hal-hal yang paling penting untuk ditelaah dari
perkuliahan Anda, dan dengan demikian Anda akan dapat memperoleh nilai
tes yang baik.
Resitasi dan
Review
Banyak di antara mahasiswa berupaya mencerna informasi
dari berbagai buku dan catatan dengan cara
membaca dan membaca-ulang buku atau catatan tersebut. Mahasiswa-mahasiswa semacam itu keliru dalam menafsirkan
bahwa membaca dan belajar merupakan proses yang sama.
Tentu saja
banyak bahan bacaan di perkuliahan yang harus Anda pelajari, tapi buku-buku dapat saja dibaca
tanpa harus dipelajari. Membaca adalah proses yang
ditempuh untuk memahami informasi yang disajikan dalam bentuk tulisan.
Membaca meliputi beberapa aktivitas menentukan pikiran utama dan pikiran-pikiran penjelas yang
terkait. Sedangkan belajar merupakan proses
yang dilalui untuk memutuskan bahan yang akan dipelajari serta mengingat dan
menghafal informasi. Dalam belajar terdapat berbagai aktivitas yang termuat dalam rumus
belajar SOAR pada halaman permulaan bab ini.
Informasi
dapat diingat dan dihapal melalui resitasi. Resitasi ialah suatu
tindakan mengulang-ulang
informasi secara senyap atau nyaring hingga dapat dihafal tanpa membacanya. Ada pula review yaitu
mengulang-ulang bagian yang esensial untuk dipelajari. Kebanyakan dari
bahan yang telah dipelajari cepat terlupakan kecuali bahan-bahan yang direview. Manakala
Anda tidak dapat mengingat informasi yang perlu dipelajari untuk menghadapi
tes, bisa jadi
anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mereview catatan Anda. Karena Anda
pasti akan lebih baik dalam mengingat hal-hal yang sering Anda review.
Sumber :
Shepherd, James F. (1987). College Study Skills
(Queensborough Community College, The City University of New York Third
Edition). Boston: Houghton Mifflin Company.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar